Antisipasi Mencegah Infeksi Virus Ransomeware

| May 14, 2017 | 0 Comments

Jakarta – Serangan ransomware WannaCrypt melanda puluhan negara, termasuk Indonesia. Jadi tidak ada salahnya untuk melakukan langkah pencegahan sebelum menyalakan komputer esok hari di kantor.

Saksikan video 20detik mengenai Wannacrypt di sini:

Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure (ID-SIRTII) merilis tips pencegahan infeksi ransomware yang tengah mendunia tersebut. WannaCrypt misalnya, berhasil mengunci sistem komputer rumah sakit sehingga data gagal diakses. Akibatnya, layanan medis kena imbas.

WannaCrypt menyerang sedikitnya 16 rumah sakit di Inggris dan telah menjangkau ke 99 negara dalam waktu singkat. Dan masih ada kemungkinan ia menyebar.

“Masyarakat tidak perlu panik. Pemerintah sejak kemarin sudah memonitor dan koordinasi dengan tim internasonal untuk antisipasi ini (Ransomeware WannaCrypt-red),” kata pria yang kerap disapa Chief RA ini.




Menkominfo lalu memberikan langkah-langkah antisipasi yang bisa dilakukan masyarakat:

1. Besok, sebelum mengaktifkan komputer, pastikan tidak terkoneksi dengan jaringan internet untuk sementara. Itu mudah, cukup melepas kabel LAN atau tidak masuk WiFi.

2. Setelah hidupkan, lakukan backup data. Salin semua data-data yang penting.

3. Pasang anti virus.

Untuk membantu masyarakat jika terkena serangan, Kominfo menyiapakan layanan telepon untuk berkonsultasi. Hubungi 02131925551 dan 02131935556 saat jam kantor. Atau bisa di 08156179328 di luar jam kantor. (sumber: inet.detik.com)

Tags:

Category: Berita

Leave a Reply

%d bloggers like this: