Antisipasi Ransomeware Petya

| July 1, 2017 | 0 Comments

Indonesia Security Incidents Response Team on Internet Infrastructure (id-SIRTII) tegas mengimbau agar korban Petya tidak membayar tebusan yang diminta pelaku serangan.


Langkah pertama apabila terkena serangan adalah langsung mematikan komputer secara paksa. Dari pengamatan, serangan Petya pertama akan memunculkan pesan pop-up dengan latar berwarna merah dan gambar tengkorak.

Hacker akan memberikan pesan langkah-langkah yang harus dilakukan korban, salah satunya adalah membayar tebusan. Pada saat ini sebaiknya buru-buru dimatikan sebelum komputer restart otomatis.

“Dia (Petya) mengenkripsi setelah restart antara 10-30 menit. Setelah restart itu mereka telah menggunakan skrip virus. Tapi jika buru-buru dimatikan sebelum restart, itu aman,” tutur Bisyron Wahyudi, Vice Chairman id-SIRTI.

Nah, setelah itu pengguna dihimbau untuk buru-buru melakukan backup data. Caranya dengan menggunakan startup disk atau menggunakan harddisk baru yang ada booting dan menjadikan harddisk yang nyaris terkena infeksi tadi sebagai secondary.

“Bisa juga harddisk dicopot dan dipindahkan ke komputer lain. Karena harddisk yang nyaris terinfeksi tadi pun masih bisa dipakai ke PC lain yang aman, itu tidak apa-apa,” ucapnya. (Source: BeritaTeknologi)

Category: Uncategorized

About the Author (Author Profile)

Leave a Reply