Perjuangan Rossi pada sircuit Brno-Republik Ceko 2016 Berbuah Manis

| August 21, 2016 | 0 Comments

BRNO – Valentino Rossi secara brilian bisa keluar jadi runner up Grand Prix Republik Ceko 2016. Sempat mendapat start yang buruk, pembalap Movistar akhirnya bisa finis di bawah pembalap LCR Honda Cal Crutchlow yang jadi pemenang.

Berpacu di Sirkuit Masaryk, Brno, Minggu (21/8/2016), Rossi yang start dari posisi enam sempat tertinggal dari para rivalnya. Keputusannya menggunakan ban basah bertipe hard membuatnya kesulitan melahap trek yang masih basah. Rossi terlempar ke peringkat 13, sementara rekan setimnya Jorge Lorenzo juga kesulitan dengan terlempar ke peringkat 16.
Namun memasuki lap ke-10, trek mulai mengering. Perlahan tapi pasti, Rossi bisa meningkatkan kecepatannya dan merangsek ke posisi atas. Sebaliknya, pembalap seperti Andrea Iannone, Andrea Dovizioso, Marc Marquez justru mulai melorot dari posisi terdepan. Beda dengan Rossi, Lorenzo masih kesulitan sehingga akhirnya menukar motornya.
Hingga akhirnya, Rossi bisa keluar jadi runner up di bawah Crutchlow, yang juga menggunakan ban basah bertipe hard. Marquez yang posisinya sempat naik turun, akhirnya bisa merebut posisi tiga berkat perjuangannya.
Setelah balapan, Rossi bercerita soal penampilannya di Brno. Pembalap Italia mengaku sempat frustrasi di awal race, sebelum akhirnya kegirangan bisa menyalip banyak pembalap untuk naik ke posisi teratas.
“Saya tidak khawatir, saya sudah putus asa. Saya sempat bicara dalam hati ‘saya sudah lakukan kesalahan lagi. Ketika melihat saya berada di posisi 12 setelah semua orang menyalip, saya katakan ‘woooow, tidak!,” seru Rossi kepada motorsport.
“Itu memalukan karena saya sebenarnya punya pengaturan yang baik sejak pagi, tapi tidak punya cengkraman pada ban belakang. Setelah saya mulai menguasai, pada akhirnya strategi itu benar, tepat. Ban itu jadi pilihan yang tepat karena pembalap Yamaha seperti Pol Espagaro dan Bradley Smith, jadi sangat, sangat buruk penampilannya setelah setengah balapan dengan ban lembut,” imbuhnya.
“Setengah jalan kedua balapan sangat lucu. Saya bisa datang dan menyalip banyak pembalap. Saya sangat senang bisa naik podium lagi, karena terakhir kali terjadi di Barcelona. Sejak itu saya banyak melakukan kesalahan, banyak nasib buruk dan banyak waktu yang hilang, jadi cukup menyedihkan. Jadi hari ini saya cukup senang,” tandasnya.
Podium kedua turut mendongkrak posisi Rossi di papan klasemen. Ia naik ke posisi dua dengan poin 144, unggul enam angka dari Lorenzo yang gagal mendulang poin karena finis paling buncit dengan catatan waktu overlap dari Crutchlow. Sementara Marquez masih bercokol di posisi pertama dengan poin 197, unggul 53 angka dari The Doctor. (Sindonews sport)

Tags: , , , ,

Category: Berita, Kampus Sport, MotoGP

Leave a Reply

%d bloggers like this: