Sasis Baru Yamaha, Rossi Pede Tatap MotoGP Assen

| June 10, 2016 | 0 Comments

Rossi tengah dalam kepercayaan diri yang tinggi setelah menjalani balapan MotoGP Catalunya di Sirkuit Montmelo, Minggu (5/6/2016). Itu karena Rossi sukses kembali memamerkan kecepatan dan aksi terbaiknya.Pada balapan itu, Rossi memang harus memulai dari urutan kelima. Namun, bukan Rossi namanya jika tak mampu memperlihatkan aksi over taking yang luar biasa. Satu per satu pembalap di di depannya dilewati.

Pada beberapa lap terakhir, ia sempat mendapat tekanan dari rider Repsol Honda, Marc Marquez. Untuk, pengalaman Rossi mampu membuat perbedaan. Ia pun merebut podium pertama setelah unggul 2,652 detik atas Marquez.

Itu adalah kemenangan pertama Rossi di Catalunya sejak 2009. Itu juga menjadi kemenangan kedua Rossi di musim ini setelah MotoGP Spanyol. Namun, Rossi tak memiliki banyak waktu untuk menikmati momen membahagiakan itu.

Buktinya, Rossi langsung menjalani sesi tes di Sirkuit Montmelo pada Senin (6/6/2016). Dalam kesempatan itu, Yamaha memfokuskan sesi tes itu untuk menjajal sasis baru. Mereka juga menguji kompon ban depan konstruksi baru Michelin.

Tak hanya itu, mereka juga menguji tiga pilihan kompon ban belakang berbeda yang bertujuan untuk meningkatkan akselerasi motor saat keluar tikungan. Dari hasil tes itu, Rossi mengaku merasa cukup puas dengan sasis baru.

“Saya cukup senang dengan hal itu meski ini baru kesan pertama. Tampaknya, saya sudah bisa memakainya di Assen. Mekanik Yamaha bilang kepada saya untuk tak memberi tahu soal itu kepada kalian. Segalanya pasti akan menjurus pada hal yang sama, yakni membuat Anda lebih cepat saat menikung,” kata Rossi seperti dikutipCrash.net.

Pada tes di Catalunya, Rossi sendiri duduk di posisi ke-11. Ia terpaut 1,491 detik dari pembalap LCR Honda, Cal Crutchlow, sebagai yang tercepat. Berbeda dengan rekan setim Rossi, Jorge Lorenzo, yang duduk di posisi kedua.

Meski hasilnya tak cukup bagus, Rossi tetap yakin akan mendapatkan kecepatan bagus saat melakoni MotoGP Belanda di Sirkuit Assen, 26 Juni 2016. Penting bagi Rossi kembali meraih kemenangan untuk memangkas jarak dengan Marquez dan Lorenzo di klasemen pembalap.

Berkat kemenangan di Catalunya, jarak Rossi dengan Lorenzo kini hanya 12 poin. Namun, Rossi masih tertinggal 22 angka dari Marquez.

“Saya bahagia dengan sasis baru. Saya pikir hal itu telah memberikan tambahan waktu ekstra sekitar sepersepuluh detik lebih cepat. Saat kualifikasi, kecepatan saya saat menikung terbilang lambat. Namun, dengan sasis baru saya bisa lebih cepat,” tutur Rossi.

Category: Berita, Kampus Sport

About the Author (Author Profile)

Leave a Reply

%d bloggers like this: